• Al-Jum'a, 09 Rabi'ul Akhir 1441 H
Jam Operasional Museum: 08:30 - 15:00 WIB. SABTU-KAMIS
JUM'AT LIBUR

BERITA

INFORMASI TERKINI DARI MUSEUM

  • Beranda
  • Berita
  • Tiga Koleksi Naskah Kuno Bqmi Hadir Di Museum Sri Baduga Bandung

Tiga Koleksi Naskah Kuno BQMI Hadir di Museum Sri Baduga Bandung

  • 25 Agustus 2017
  • /
  • Event
  • Dilihat 380 kali

Tiga Koleksi Naskah Kuno BQMI Hadir di Museum Sri Baduga Bandung

Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) turut berpartisipasi dalam kegiatan Museum Sri Baduga Expo 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus – 13 September 2017 di Museum Sri Baduga Bandung. Tiga koleksi BQMI berupa naskah kuno berbahan daluang dihadirkan pada pameran dengan tema “Hidden treasure: Daluang, Fuya, and Tapa. Keberagaman Budaya Asia Pasifik, Momentum Harmonisasi Antar Bangsa”

Partisipasi BQMI tidak hanya dalam memamerkan koleksi, tetapi juga menyelenggarakan Workshop dan Edukasi Ke-Al-Qur’an-an di auditorium Museum Sri Baduga Bandung. Kegiatan dimulai dengan acara Talk Show pada hari Kamis (29/08/2017) dengan tema “Bersama Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ)”. Dr. Muchlis M. Hanafi, MA menjadi narasumber selaku Kepala LPMQ.

Pada paparannya, Muchlis M. Hanafi menjelaskan bahwa BQMI yang secara struktural berada di bawah Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama hadir karena BQMI merupakan bagian dari keluarga besar permuseuman di Indonesia.

“LPMQ memiliki tugas untuk mengelola Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal. Naskah-naskah yang ditulis ratusan tahun lalu, baik berupa Mushaf Al-Qur’an maupun naskah keagamaan disimpan, dirawat, dijaga, dikaji dan dipamerkan di BQMI.”

Konservasi terhadap naskah-naskah kuno tersebut dilakukan di BQMI. Di BQMI juga dipamerkan sejarah Al-Qur’an dari masa ke masa, manuskrip Al-Qur’an tulisan tangan peninggalan Kesultanan Cirebon, Peninggalan Kesultanan di Nusa tenggara Barat (NTB), dan lainnya yang bisa dilihat oleh pengunjung.

“Kami hadir di Museum Sri Baduga ini membawa tiga koleksi naskah kuno, yaitu Mushaf Al-Qur’an, Hikayat Nabi Muhammad, dan Tafsir Al-Qur’an Berbahasa Jawa Madura. Ketiganya ditulis dengan media Daluang. Jika ingin melihat lebih banyak lagi, silahkan berkunjung ke Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal di Taman Mini Indonesia Indah.”

Pada kegiatan Talk Show tersebut juga dibagikan hadiah buku-buku hasil kajian LPMQ dan souvenir. Untuk diketahui, Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Edukasi Ke-Al-Qur’an-an ini pada tanggal 24 – 30 Agustus 2017 di Auditorium Museum Sri Baduga Bandung. Adapun jadwal kegiatan bisa dilihat di website: lajnah.kemenag.go.id atau media sosial BQMI.



Website BQMI

Website bqmi.kemenag.go.id adalah website resmi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal. Anda dapat menemukan banyak informasi terkait Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal di website ini.

Website BQMI

Kontak

Jl. Raya Taman Mini Indonesia Indah, Pintu 1 Jakarta Timur 13560

(021) 8416466
(021) 87798807