• Al-Arba'a', 09 Sya'ban 1439 H
Buka Museum: 08:30 - 15:00 WIB. Selasa - Ahad.
Senin Libur

BERITA

INFORMASI TERKINI DARI MUSEUM

BQMI Tampilkan Kaligrafi di Pameran Berkala

  • 12 Desember 2017
  • /
  • Event
  • Dilihat 123 kali

BQMI Tampilkan Kaligrafi di Pameran Berkala

Jakarta - Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) menyelenggarakan Pameran Berkala di Hall BQMI. Pameran ini menampilkan kaligrafi terbaru koleksi BQMI yang secara resmi  dimulai sejak Selasa, 28 November 2017. Dengan diselenggarakannya pameran ini, pengunjung bisa mendapatkan tambahan referensi dan pengetahuan tentang kaligrafi, yang menjadi juara di ajang Festival Seni Kaligrafi Islam Indonesia yang berskala nasional.

 

Kepala Seksi Koleksi dan Pameran, Syaifuddin, M.Hum menjelaskan bahwa pameran berkala ini merupakan hasil kerjasama antara BQMI dengan Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI. Kerjasama ini dibangun dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama untuk menampilkan karya-karya putra bangsa.

 

“Kaligrafi yang kita display ini merupakan karya peserta yang menjadi juara 2-6 pada Festival Kaligrafi Islam Indonesia 2017 yang digelar Penais (Direktorat Penerangan Agama Islam) Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama. Semua dihadirkan di sini agar bisa dinikmati oleh masyarakat dan menjadi bahan pembelajaran bagi mereka yang ingin belajar kaligrafi,” ujarnya.

 

Pameran yang rencananya akan berlangsung selama enam bulan ini menampilkan empat kategori kaligrafi, yakni kategori hiasan Mushaf, sayembara, dekorasi, dan kontemporer yang masing-masing diikuti peserta putra dan putri dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

"Semua karya ini berasal dari festival tingkat nasional, jadi peserta berasal dari berbagai daerah. Diantaranya dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, Kalimantan, Lampung, dan lainnya. Masing-masing keterangan bisa dilihat dari narasi/keterangan di bawahnya, siapa nama dan dari mana asalnya", jelasnya.

 

Pameran berkala ini diharapkan mampu memantik semangat putra-putri Indonesia untuk mampu menghasilkan karya-karya islami yang bisa bersaing di kancah internasional. "Silahkan para pengunjung untuk melihat karya-karya terbaik tersebut. Semoga dengan ini ke depan muncul kaligrafer (pembuat kaligrafi) yang bisa mendunia," tutup Syaifuddin.



Website BQMI

Website bqmi.kemenag.go.id adalah website resmi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal. Anda dapat menemukan banyak informasi terkait Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal di website ini.

Website BQMI

Kontak

Jl. Raya Taman Mini Indonesia Indah, Pintu 1 Jakarta Timur 13560

(021) 8416466
(021) 87798807