• Al-Hamis, 04 1440 H
Buka Museum: 08:30 - 15:00 WIB. Selasa - Ahad.
Senin Libur

Terjemahan Dan Tafsir Al-qur'an

KOLEKSI DI BAYT AL-QUR'AN

Para ulama Nusantara telah lama menyusun terjemahan dan tafsir Al-Qur'an. Naskah terjemahan dalam bahasa Melayu paling tua yang dapat ditemukan hingga kini adalah sebuah naskah koleksi Universitas Cambridge, berisi terjemahan Surah al-Kahf, dalam bentuk huruf cetak, berasal dari awal abad ke-17. Sementara, terjemahan A ..

Selengkapnya



l-Qur'an lengkap pertama adalah Tarjuman al-Mustafid karya Abdurra’uf as-Sinkili yang ditulis pada akhir abad ke-17. Terjemahan dalam bahasa Melayu ini telah berulang kali dicetak di Percetakan Mustafa al-Babi al-Halabi, Mesir (cetakan ke-4 tahun 1951). Selain karya-karya tua tersebut—yang dikenal pada masa kini dalam bentuk cetakan—masyarakat muslim Nusantara juga menyalin tafsir Al-Qur'an secara manual, seperti sejumlah manuskrip yang ditemukan di berbagai daerah. Manuskrip terjemahan Al-Qur'an dalam bahasa Melayu dan Jawa ditemukan di berbagai koleksi museum, perpustakaan dan pribadi. Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlalmengoleksi manuskrip Tafsir al-Jalalain, dan Tafsir al-Baidawiyang disalin ulama Nusantara pada abad ke-19.

Melanjutkan tradisi penerjemahan dan tafsir Al-Qur'an para ulama terdahulu, ulama Indonesia terus berusaha menafsirkan Al-Qur'an dan menerbitkannya dalam bentuk cetakan. Pada tahun 1922 Mahmud Yunus memelopori penerjemahan Al-Qur'an, dan selesai pada tahun 1938—namun baru diterbitkan pada tahun 1960 dengan judul Tafsir Qur’an Karim. Sejumlah terjemahan dan tafsir lain di antaranya adalah Tafsiran-Nur dan al-Bayan karya TM Hasbi ash-Shiddieqy, Tafsir al-Azhar karya Hamka, Tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Al-Qur’an dan Tafsirnya (10 jilid), serta Tafsir Tematik karya Tim Departemen Agama, dan lain-lain. Karya tafsir juga muncul dalam beberapa bahasa daerah, di antaranya Raudat al-Irfan (tafsir berbahasa Sunda berhuruf pegon) karya KH Ahmad Sanusi Sukabumi, Tafsir al-Ibriz (tafsir bahasa Jawa berhuruf pegon) karya KH Bisri Mustofa Rembang, al-Huda (terjemahan bahasa Jawa dalam huruf latin) karya H Bakri Syahid, dan lain-lain yang muncul lebih belakangan. Terjemahan dan tafsir Al-Qur’an ini sebagian dipamerkan di ruang pameran, dan sebagian lain terdapat di ruang Perpustakaan Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal.

Naskah Tafsir Al-Qur’an

Naskah tafsir Al-Qur'an dengan bahasa dan aksara Arab, menggunakan kertas Eropa. Jumlah baris tiap halaman 17 baris. Belum diketahui perkiraan…

Website BQMI

Website bqmi.kemenag.go.id adalah website resmi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal. Anda dapat menemukan banyak informasi terkait Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal di website ini.

Website BQMI

Kontak

Jl. Raya Taman Mini Indonesia Indah, Pintu 1 Jakarta Timur 13560

(021) 8416466
(021) 87798807