• Al-Hamis, 25 Safar 1441 H
Jam Operasional Museum: 08:30 - 15:00 WIB. SABTU-KAMIS
JUM'AT LIBUR

KOLEKSI

RAGAM BENDA KOLEKSI BQMI

Naskah Tauhid dan Tasawuf

  • Dilihat 173 kali

BQMI.
Naskah Tauhid dan Tasawuf
-
-
-
-

Naskah ini tanpa judul yang pasti. Namun bisa diberi judul “Al-Hukmu al-Aqlia”. Naskah setebal 62 halaman ini berisi tentang aqidah tauhid dan kesufian. Ditulis di atas kertas berserat dengan menggunakan bahasa dan aksara Arab, serta dilengkapi dengan catatan gantung berisi makna.

Teks pertama dari lima teks dalam satu bundel naskah ini termasuk ke dalam teks tauhid. Di dalamnya dijelaskan hukum tentang akal yang diringkas menjadi 3 bagian, yaitu berhubungan dengan kewajiban-kewajiban, hal-hal yang diperbolehkan dan hal-hal yang dilarang dalam perkara hukum-hukum akal (iman dan akidah).

Tidak ada kata alihan. Tidak ada ilustrasi dan iluminasi. Ukuran teks 22 x 15 cm. Naskah terdiri dari 17 lembar kertas, 32 halaman, dan 7 baris teks per halaman. Naskah ditulis menggunakan bahasa dan huruf Arab (Khat Naskhi). Media yang digunakan adalah Daluang. Tinta tulisan berwarna hitam untuk teks dan merah untuk rubrikasi.

Teks berbahasa Arab dilengkapi dengan syarh di bawah teks (setiap baris) dengan bahasa Jawa. Terdapat pias atau catatan pinggir di beberapa halaman dengan bahasa Arab disertai penjelas berbahasa Jawa. Teks masih dapat terbaca dengan jelas.

-
-
-
Museum Istiqlal
-


Website BQMI

Website bqmi.kemenag.go.id adalah website resmi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal. Anda dapat menemukan banyak informasi terkait Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal di website ini.

Website BQMI

Kontak

Jl. Raya Taman Mini Indonesia Indah, Pintu 1 Jakarta Timur 13560

(021) 8416466
(021) 87798807