• Al-Itsnayna, 25 1441 H
Buka Museum: 08:30 - 15:00 WIB. Selasa - Ahad.
Senin Libur

STANDAR PELAYANAN PEMANDUAN

 

  • Beranda
  • Standar Pelayanan Pemanduan

STANDAR PELAYANAN PEMANDUAN

KUNJUNGAN BAYT AL-QUR’AN & MUSEUM ISTIQLAL

 

  1. Dasar Hukum
  • PMA Nomor 3 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an
  • KMA Nomor 45 tahun 2007 tentang Pencabutan Keputusan Menteri Agama Nomor E/50 Tahun 2002 tentang Susunan Personalia Pengelolaan Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal Taman Mini “Indonesia Indah”
  • Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  • Undang-Undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya
  • Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum

 

  1. Persyaratan Pelayanan
  • Pengguna layanan menyampaikan surat permohonan resmi yang ditujukan kepada Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) C.q Kepala Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi paling lambat 5 hari kerja sebelum kunjungan
  • Surat permohonan diantar langsung atau dikirim ke alamat: Gedung Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI), Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560 atau email: lajnah@kemenag.go.id, cc: bqmi@kemenag.go.id
  • Surat permohonan berisi:
    • Tujuan kunjungan
    • Waktu pelaksanaan kunjungan
    • Jumlah peserta kunjungan
    • Nomor kontak narahubung
    • Narahubung reservasi kunjungan: Khikmawati 0815 7479 6055

 

  1. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

      

 

  • Pengguna layanan menyampaikan surat resmi ditujukan kepada Kepala LPMQ Cq. Kepala Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi
  • Kepala LPMQ mendisposisikan surat kepada Kepala Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi
  • Kepala Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi mendisposisikan surat kepada Kepala Seksi Koleksi dan Pameran
  • Pejabat/pegawai yang ditunjuk melaksanakan tugas memberikan layanan

 

  1. Jangka waktu penyelesaian

         Informasi/jawaban dapat tidaknya layanan pemanduan disampaikan maksimal 2 hari kerja sejak surat permohonan diterima oleh Kepala Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi

 

  1. Biaya/tarif

          Tidak dipungut biaya

 

  1. Produk pelayanan

Pemanduan Museum

 

  1. Sarana, prasarana, dan fasilitas
  • Ruang pamer yang dilengkapi dengan AC
  • Pengeras Suara
  • Kursi roda
  • Komputer dan printer
  • Ruang Audiovisual

 

  1. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
  • Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada unit pengelola pengaduan: Gedung BQMI Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
  • Menyampaikan pengaduan, saran, dan masukan langsung via telepon: 021-8416466. Fax: 021-87798807 e-mail: lajnah@kemenag.go.id
  • Narahubung pengaduan: Ida Fitriani 0813 6952 1000

 

  1. Jaminan Pelayanan
  • Pemanduan dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan
  • Pemaduan diberikan oleh pemandu yang telah mendapatkan surat tugas dari atasan langsung
  • Materi pemanduan dipersiapkan sesuai permohonan yang diajukan

 

  1. Jaminan kemanan dan keselamatan pelayanan
  • Informasi yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan
  • Pemandu yang bertugas telah mendapatkan penugasan dari atasan langsung
  • Keselamatan pengguna layanan pemanduan museum menjadi tanggung jawab LPMQ selama berada di lingkungan BQMI

 

Website BQMI

Website bqmi.kemenag.go.id adalah website resmi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal. Anda dapat menemukan banyak informasi terkait Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal di website ini.

Website BQMI

Kontak

Jl. Raya Taman Mini Indonesia Indah, Pintu 1 Jakarta Timur 13560

(021) 8416466
(021) 87798807