Artikel   Icon arrow right   BQMI Tampilkan Kaligrafi di Pameran Berkala
BQMI Tampilkan Kaligrafi di Pameran Berkala

BQMI Tampilkan Kaligrafi di Pameran Berkala

Jakarta - Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) menyelenggarakan Pameran Berkala di Hall BQMI. Pameran ini menampilkan kaligrafi terbaru koleksi BQMI yang secara resmi  dimulai sejak Selasa, 28 November 2017. Dengan diselenggarakannya pameran ini, pengunjung bisa mendapatkan tambahan referensi dan pengetahuan tentang kaligrafi, yang menjadi juara di ajang Festival Seni Kaligrafi Islam Indonesia yang berskala nasional.

 

Kepala Seksi Koleksi dan Pameran, Syaifuddin, M.Hum menjelaskan bahwa pameran berkala ini merupakan hasil kerjasama antara BQMI dengan Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI. Kerjasama ini dibangun dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama untuk menampilkan karya-karya putra bangsa.

 

“Kaligrafi yang kita display ini merupakan karya peserta yang menjadi juara 2-6 pada Festival Kaligrafi Islam Indonesia 2017 yang digelar Penais (Direktorat Penerangan Agama Islam) Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama. Semua dihadirkan di sini agar bisa dinikmati oleh masyarakat dan menjadi bahan pembelajaran bagi mereka yang ingin belajar kaligrafi,” ujarnya.

 

Pameran yang rencananya akan berlangsung selama enam bulan ini menampilkan empat kategori kaligrafi, yakni kategori hiasan Mushaf, sayembara, dekorasi, dan kontemporer yang masing-masing diikuti peserta putra dan putri dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

"Semua karya ini berasal dari festival tingkat nasional, jadi peserta berasal dari berbagai daerah. Diantaranya dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, Kalimantan, Lampung, dan lainnya. Masing-masing keterangan bisa dilihat dari narasi/keterangan di bawahnya, siapa nama dan dari mana asalnya", jelasnya.

 

Pameran berkala ini diharapkan mampu memantik semangat putra-putri Indonesia untuk mampu menghasilkan karya-karya islami yang bisa bersaing di kancah internasional. "Silahkan para pengunjung untuk melihat karya-karya terbaik tersebut. Semoga dengan ini ke depan muncul kaligrafer (pembuat kaligrafi) yang bisa mendunia," tutup Syaifuddin.

Lomba Nasional Iluminansi Mushaf Al-Qur'an Tahun 2020

Ide awal pendirian Bayt Al Qur an muncul dari Dr H Tarmizi Taher pada tahun 1994 ketika ia menjabat sebagai Menteri Agama RI Pada suatu ketika ia mendampingi Presiden H M Soeharto menerima hadiah sebuah Al Qur an besar dari Pondok Pesantren Al Asy ariyah Kalibeber Wonosobo Jawa Tengah Satu tahun kemudian tepatnya pada 1995 pada peringatan 50 tahun kemerdekaan RI Presiden meresmikan Mushaf Istiqlal yang telah selesai dikerjakan sejak tahun 1991 Mushaf Istiqlal merupakan sebuah mushaf ukuran besar yang ditulis dengan khat yang indah dilengkapi dengan hiasan iluminasi dari ragam hias 27 provinsi di Indonesia Pada waktu itulah tercetus ide untuk mendirikan Bayt Al Qur an berarti Rumah Al Qur an sebagai tempat untuk menghimpun menyimpan memelihara dan memamerkan mushaf Al Qur an dari berbagai macam bentuk dan jenis yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara Ide ini kemudian langsung mendapat dukungan Ibu Tien Soeharto yang langsung mewakafkan tanah seluas satu hektar di kompleks Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur tepatnya di sebelah kanan pintu masuk utama TMII Setelah melalui tahapan perencanaan gagasan untuk memperluas fungsi Bayt Al Qur an muncul terutama selepas penyelenggaraan Festival Istiqlal kedua pada tahun 1995 Pada penyelenggaraan festival tersebut telah banyak dihimpun benda benda koleksi budaya Islam Nusantara yang pada saat itu belum terpikirkan akan ditempatkan di mana Ide yang pada awalnya hanya untuk menghimpun naskah naskah Al Qur an kemudian diperluas untuk menghimpun memamerkan dan mengkaji sejarah serta budaya Islam Nusantara Sejak saat itulah timbul rencana untuk menggabungkan ide pendirian Bayt Al Qur an dengan pendirian Museum Istiqlal Bayt Al Qur an dan Museum Istiqlal dimaksudkan untuk menjadi dua lembaga yang memiliki kesatuan utuh dengan perannya masing masing Keduanya menyatu dalam upaya meningkatkan kecintaan pemahaman dan pengamalan Al Qur an Melihat kedudukan dan fungsinya Museum Istiqlal tidak dapat dipisahkan dari Bayt Al Qur an Bayt Al Qur an menggambarkan fungsi Al Qur an sebagai petunjuk manusia dan Museum Istiqlal merupakan perwujudan pelaksanaan petunjuk Allah dalam kehidupan dan budaya umat Islam Nusantara Lebih dari sekadar tempat untuk menyimpan dan memamerkan Al Qur an dari berbagai tempat di Indonesia Bayt Al Qur an Museum Istiqlal juga merupakan wadah kajian dan pengembangan ilmu yang berkaitan dengan Al Qur an dan budaya Islam Akhirnya pada tanggal 20 April 1997 Bayt Al Qur an Museum Istiqlal diresmikan pembukaannya oleh Presiden RI H M Soeharto sebagai tonggak perkembangan dan kebesaran Islam di Indonesia menyiarkan kegemilangan dari masa lalu masa kini dan masa yang akan datang

img wa